Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Sunday, October 14, 2018

SYSTEM OPERASI DAN JENIS JENIS NYA


Whatsupp mamank, oke pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang system operasi dan jenis-jenis nya.


Operating System merupakan sebuah program utama yang dapat mengelola perangkat pada computer maupun perangkat lainnya yang menyediakan layanan umum untuk menjalankan berbagai perangkat lunak (Software). Keberadaan OS ini merupakan suatu keharusan , karena apabila pada suatu computer tidak terinstall sebuah OS , maka perangkat tersebut tidak bisa digunakan atau berfungsi sebagaiman mestinya.
Microsoft windows atu biasa kita sapa dengan sebutan windows adalah system operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corperation yang menggunakan antar muka dengan berbasiskan GUI(Graphical User Interface) atau tampilan antarmukan bergrafis.

Awalnya windows bermula dari Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) yaitu sebuah system operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line Interpreter.

·     Windows versi pertama , Windows Graphic Environmnet 1.0. merupkan perangkat lunak yang bekerja atas arsitekstur 16-Bit dan bukan merupakan Sistem Operasi dan berjalan atas MS-DOS, sehingga untuk menjalankannya membutuhkan MS-DOS . MS-DOS sendirinya dibuat oleh perusahaan pembuat komuter seattle computer Products dan barulah kemudian direkrut oleh Microsoft yang selanjutnya dibeli lisensinya.

·         Kemudian berkembang menjadi Windows 1.0 versi petama system operasi dalam dunia OS yang berbasiskan GUI dan mendukung Multi-Tasking atau dapat mengerjakan banyak pekerjaan secara simultan.

·         Kemudian berkembang menjadi Windows 2.0, berbasis GUI dan mendukung VGA(Video Graphics Array) dan juga mendukung Multi-Tasking. Windows ini juga mendukung terhadap penggunaan Processor Intel 80286 dimana processor ini adalah processor pertama dengan kemampuan untuk memproteksi area memory. 

·         Kemudian Windows 3.0 dimana memiliki kemampuan  yang sama dengan windows sebelumnya dan ditambaah dukungan kartu grafis SVGA / XGA dan juga icon yang lebih baik. Dalam area tersebut, Microsoft juga menyediakan SDK (Software Development Kit ) sehingga para developer piranti lunak dapat mengembangkan aplikasi agar mampu berjalan di windows 3.0.

·         Kemudian Windows 3.0 berevolusi menjadi Windows 3.1 yang sudah diperkenalkan dengan fitur Multimedia dengan True Type Font selain itu juga memudahkan End-User karena adanya fitur Drag and Drop dan akhirnya versi 3 ini berkembang menjadi OS yang sudah mengenal Networking(Windows 3.11)

·         Setelah berkembang cukup lama akhirnya Microsoft memperkenalkan OS hibrida  16-Bit/32-Bit yang dikenal  dengan nama Windows 95. Windows ini memiliki banya perubahan dari Windows Versi sebelumnya yaitu memiliki GUI yang lebih menarik dan atraktif, mendukung penamaan yang panjang, memiliki beberapa fasilitas seperti: Browser yang terintegrasi dan Windows Explorer untuk menjelajah Windows.

·         Generasi penerus dari Windows 95 adalah Windows 98 yang sudah mendukung VGA berbasis AGP, serta mendukung media penyimpanan ringkas seperti USB, ada juga beberapa fitur tambahan brupa aplikasi Microsoft Office dan Internet Explorer Versi 5.  Windows ini memiliki kemampuan untuk memainkan game dan menjalankan aplikasi Multimedia.

·         Windows ME  dari Windows ini tidak ada yang special selain transisi dukungan grafis dari 16-Bit ke 32-Bitdan pada area ini sudah banyak pengguna perumahan yang memkainya.
·         Windows NT yang sudah mendukung arsitektur 80X86, Intel IA64dan AMD64 serta mendukung grafis 32-Bit. Windows ini sebenarnya dibangun dari pengembangan IBM OS/2 dan juga windows ini banyak digunakan dalam jaringan computer
Selanjutnya Windows NT berkembang menjadi Windows 2000 banyak fitur tambahan diantaranya : Active Directory, Image Preview, Browser Internet Explorer v6,dan Open GL,
·         Setelah windows NT muncullah Windows XP yang menawarkan banyak perubahan, mempunyai banyak fitur dan performa yang semakin meningkat. Bisa dikatakan windows ini merupakan windows yang paling laris digandrungi oleh pengguna PC.
·         Seiring dengan kebutuhan akan Networking maka Microsoft Corporation mengeluarkan system operasi yang berkonsentrasi pada jaringan yaitu: Windows server 2003 adalah reinkarnasi dari Windows NT. Windows ini diperkenalkan oleh Platform.Net.
·         Kemudian berkembang Windows Vista(Longhorn), ini merupakan revolusi dari Windows XP. Windows ini lebih mengutamakan interface atau penampilan muka dibandingkan dengan performa. Dibuktikan dengan adanya fitur : AERO, Sidebar dan lainnya. Windows vista juga menawarkan tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan Windows XP.
·         Selanjutnya adalah transisi dari Windows Server 2003 menjadi Windows Home Server yang ditujukan sebagai file server untuk perumahan. Windows server juga memperkenalkan beberapa teknologi yaitu: Headless Operation (Server tidak membutuhhkaan monitor atau keyboard untuk memanajmen perangkat), control jarak jauh, pemantauan kesehatan computer.
·         Windows Server 2008 yang merupakan penggabungan antara Windows Vista dan Windows Server yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyaman End-User.
·         Kemudian Windows Server 2008 berkembang menjadi Windows Server 2008 R2.
·         Windows 7 yang dirilis untuk menggantikan kekurangan Windows Vista. Windows ini merupakan fusi dari windows XP dan Vista, yang memiliki performa yang lebih baik dari windows vista.
·         Windows 8 yang dirilis pada tahun 2012 merupakan nama dari versi terbaru dari Microsoft Windows, serangkaian OS yang diproduksi dari Microsoft untuk digunakan pada computer pribadi, OS ini mendukung Mikroprosesor ARM selain Mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antar muka penggunanya diubah agar mempu digunakan peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga  Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh.

Selanjutnya, OS Windows terbaru Windows 10 yang merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga OS Windows NT.Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, dirilis pada 29 Jui 2015 dan pada November 2015, Threshold 2 dari windows 10 (v10.0.10586) dirilis ke publik (https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_10). 

UNIX
UNIX sendiri ditulis dalam bahasa C sehingga UNIX pun mirip dengan DOS yaitu Line/Text Command Based selain itu UNIX merupakan OS yang secure dibanding dengan OS lain, karena setiap file , direktori, user dan group memiliki set izin tersendiri untuk diakses. Karena dukungan Proyek GNU, maka selanjutnya UNIX berkembang menjadi LINUX(salah satu varian UNIX).

LINUX
Awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya  sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di Universitasnya. LINUX merupakn kloningan dari MINIX ( salah satu varian UNIX), peralatan system dan pustakanya umumnya berasal dari OS GNU. LINUX memiliki banyak desain yang berasal dari desain dasar UNIX. LINUX menggunakan Kernel Monolitik yang menangani control proses, jaringan peripheral, dan pengakasesan system berkas. Sama seperti UNIX, LINUX pun dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, antar  muka pengguna grapis (Grafhical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi desktop.
Pada computer Dekstop , GNOME, KDE dan Xfce merupakan antar  muka pengguna yang paling popular diantara varian antarmuka  pengguna lainnya. Sebuah system LINUX menyediakan antarmuka baris perintah lewat sebuah Shell(Konsole). Perbedaan utama antara LINUX dan OS popular lainnya terletak pada Kernel LINUX dan Komponen-komponennya yang bebas dan terbuka. Sama seperti UNIX , LINUX berkonsentrasi pada workstation dan server banyak workstation dan server yang mengendalikan LINUX karena LINUX sangat stabil digunakan untuk angka waktu lama dan LINUX pun kebal terhadap Malware
Ada beberapa macam Distro LINUX: Debiann, Lycoris,Kandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake,Red Hat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.

IBM OS/2
Sistem Operasi IBM OS/2 ini dibuat secara bersama-sama oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada computer IBM sebagai pengganti OS DOS. Kata OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2. System Operasi ini didesain agar  dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprocessor Intel 80286, termasuk diantaranya adalah Modus terproteksi , mampu menjalankan tugas secar simultan, serta mendukung Memori virtual, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS-DOS  yang beredar  saat itu.

CHROME OS
Chrome OS adalah  OS besutan Google yang ringan dan berbasis LINUX dan standard Web untuk personal computer PC. Google Chrome bekerja dengan metode windowing atau switching (Multi-Tasking) Google Chrome OS menggunakan standard Web HTML 5, yang merupakan pengembangan software dibrowser  yang berbasis  OS. Jika dilihat-lihat Chrome ini merupakan gabungan dari LINUX dan Windows Vista. Chrome dirilis pada tahun 2010.

MAC OS(MACINTOSH OPERATING SYSTEM)

MAC OS adalah OS yang di buat oleh Apple Komputer khusus untuk computer Macintosh dan tidak kompatibel dengan computer berbasids IBM. MAC OS merupakan OS  yang menggunakan antarmuka pengguna grafis . Sistem Operasi ini di bagai menjadi 2 jenis:
 -          MAC OS klasik
Tidak memiliki sembarang Command Line(Baris perintah), menggunakan User Interface( UI) sepenuhnya dan menggunakan Cooperative Multitasking
-          MAC OS X
Memasukkan unsur-unsur BSD UNIX, One Step, dan MAC OS X memililiki memori ala-UNIX dan pre-Emptive Multitasking
Kelebihan dari MAC OS:
-          Stabil menggunakan UNIX
-          Multitasking
-          Tampilan (UI) sangat bagus.
-          Aman dari Malware
MAC OS X adalah garis computer OS yang dikembangkan, dipasarkan oleh Apple , MAC OS X  adalah penerus dari MAC OS (Klasik), MAC OS X dibangun diatas XNU  kernel, dengan fasilitas standar UNIX tersedia dari antarmuka baris perintah. 


FREE BSD
FREE BSD adalah system operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T. Free BSD berjalan diatas system Intel x86. FreeBSD sendiri kali petama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan software yang  dapat digunakan  untuk berbagai kepentingan.

SOLARIS
System Operasi Solaris adalah sebuah system operasi yang berdasarkan UNIX System yang diperkenalkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1992 sebagai pendukung SunOS. Solaris berkenal karena kestabilannya, khususnya pada system SPARC (Scalable Processor Architecture). solaris  disertifikasi dalam spesifikasi UNIX walaupun pada awal pengembangannya berdasarkan kepemilikan oribadik, dan kenyakan kodenya sekarang merupakan software Open source yang biasa dikenal dengan OpenSolaris. Open Solaris adalah Open Source versi Sistem Operasi Sun Solaris, tetapi Sun Solaris terdiri dari lebih beberapa kode yang tidak hanya inti dari system Operasi Installer, Desktop, Software.

Sekian info kali ini mank, semoga bermanfaat bagi mamank semua. salam semangat.




















No comments:

Post a Comment