Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Wednesday, October 3, 2018

Pengenalan Bahasa Pemrograman C

Pengenalan Bahasa Pemrograman C


Whatsupp mamank , pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa itu bahasa serta keunggulan keunggulan bahasa C itu sendiri

Pengertian Bahasa Pemograman C

Bahasa Pemograman C merupakan sebuah bahasa pemograman komputer yang digunakan untuk membuat berbagai aplikasi, mulai dari sistem operasi seperti Windows ataupun Linux,anti virus, software pengolah gambar (image processing), hingga compiler untuk bahasa pemograman , dan juga untuk membuat bahasa pemograman lain yang salah satunya adalah PHP. 

Bahasa pemrograman C dibuat pertama kali oleh Dennis M. Ritchie pada tahun 1972. Dia membuat bahasa C untuk mengembangkan sistem operasi UNIX, yang sebelumnya dibuat menggunakan bahasa assembly. Dengan bahasa C inilah sistem UNIX ditulis ulang. UNIX menjadi dasar dari banyak sistem operasi modern pada saat ini seperti Linux, Mac OS (ios) hingga Android.


Keunggulan Bahasa Pemograman C

Berikut ini keunggulan bahasa C dari bahasa pemograman yang lain:

Bahasa C sebagai bahasa pemograman prosedural

Bahasa C merupakan sebuah metode pemograman yang setiap baris perintah di proses secara berurutan dari baris paling atas hingga baris paling bawah. Selain itu terdapat juga konsep pemrograman object, contoh bahasa pemograman object adalah JAVA. Beberapa bahasa pemograman ada yang mendukung konsep prosedural dan object sekaligus, contohnya bahasa C++, Phyton, dan PHP.

Bahasa C sangat efisien dan cepat 

Apk yang dibuat menggunakan bahasa C bisa sangat cepat dan efisien. Itu karena C langsung berkomunikasi dengan hardware, yang jarang di jumpai pada bahasa pemograman lain seperti JAVA, PHP, dan Python.

Bahasa C merupakan Bahasa yang portable

Bahasa C bisa di compile ulang supaya berjalan di berbagai sistem operasi tanpa perlu mengubah kode - kode yang ada. Apk yang di buat di Windows menggunakan bahasa C bisa dipindahkan ke Linux tanpa modifikasi.

Bahasa C merupakan induk dari bahasa pemograman modern

Bahasa pemograman C banyak meinspirasi pemograman lain, seperti C++C#, PHP, JavaScript dan lainnya. Dengan mempelajari bahasa C ini anda akan merasa lebih mudah saat berpindah ke bahasa pemograman lain yang merupakan turunan dari bahasa C.




Sekian informasi tentang bahasa C ini guys, semoga bermanfaat bagi mamank semua, seeyou guys.

No comments:

Post a Comment