Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Monday, October 1, 2018

Tutorial Installasi Serta Setting Path Java Lengkap

Tutorial Installasi Serta Setting Path Java Lengkap


Untuk memulai membuat sebuah program dengan menggunakan bahasa Pemrograman dalam hal ini Java, sebelumnya saya  akan menjelaskan kepada mamank semua  sedikit tentang Dasar Algoritma sebagai langkah awal pemrogramanDikutip dari en.wikipedia.org/wiki/Algorithm Algoritma adalah langkan-langkah untuk melakukan perhitungan. Jika digunakan bahasa dalam sehari-hari, algoritma dapat diartikan langkah-langkah yang ditempuh untuk mencapai suatu tujuan. Tidak berbeda dengan langkah-langkah yang perlu ditempuh dalam kehidupan sehari-hari, dalam komputer secara garis besar tiga langkah untuk dapat memberikan informasi yang berguna bagi manusia. Langkah tersebut dapat dilihat pada diagram blok dibahaw ini.


Baiklah, langsung saja kita membahas mengenai Dasar Pemrograman Java. Untuk memulai membuat program dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, terlebih dahulu pada komputer harus terinstal compiler java Compiler ini berfungsi untuk merubah kode program menjadi binnary yang dapat dijalankan pada komputer. Langkah-langkah installasi java pada komputer adalah sebagai berikut:

1.  Download Java Development Kit (JDK) dari situs resmi Oracle untuk Windows pada tutorial kali ini akan menggunakan JDK 7 Update67. http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html

2. Setelah berhasil download, lakukan lah proses installasi JDK. Caranya dapat dilihat seperti gambar-gambar dibawah ini. 




klik dua kali pada JDK yang telah berhasil didownload, kemudian akan muncul seperti gambar diatas lalu klik "instal"



menunggu proses instalasi java 



proses instalasi java berhasil, kemudian klik "close"


3. Konfigurasi java 
untuk membuktikan apakah Java telah terinstal dengan baik dan dapat digunakan, caranya buka CMD.
klik start > All Programe > Accessories > Command Prompt



atau dapat juga dengan menggunakan kombinasi keyboard Windows + R kemudian pada kolom run ketik "cmd" lalu OK kan.



selanjutnya, terbuka jendela Command Prompt (CMD). Kemudian ketik "javac" pada laman CMD. Jika terdapat pemberitahuan seperti berikut, berarti java belum dapat digunakan mencompile program dari semua bagian komputer. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan setting path.


Java belum bisa digunakan untuk mengcompile program 


4. Setting path
untuk setting path, klik kanan pada My Computer kemudian pilih properties:



pada jendela properties pilih Advanced System Settings.



kemudian pilih Environment Variable pada Tab Advanced



pada jendela Environment Variable pada Windows System Variables pilih Path, kemudian klik 2 kali atau edit.



selamjutnya masuk ke halaman Edit System Variable



Geser kursor hingga kesebelah kanan, kemudian tambahkan "lokasi tempat melakukan installasi/bin" jika dalam contoh JDK terinstal pada C:\Program Files\Java\jdk 1.7.0 67\bin.


Tambahkan ";" sebelum menambah Path File.

Jika telah selesai melakukan instalasi dan Setting Path Java, selanjutnya melakukan pengecekan apakah java telah terinstal dengan baik atau belum. Untuk melakukan pengecekan, kembali buka CMD seperti langkah konfigurasi java. Jika telah berhasil dan tampilan nya seperti berikut Java telah siap untuk digunakan.



Demikian lah, Tutorial Dasar Pemograman Java. Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba.


No comments:

Post a Comment