Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Saturday, December 28, 2019

Membuat Form Login Dengan Codeigniter Dan Menghubungkan Dengan Database

Pada postingan kali ini, kita akan membahas tentang pembuatan form login dengan Codeigniter dan menghubungkan nya dengan database. 




Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk membuat form login dengan codeigniter adalah menginsstal terlebih dahulu xampp, Xampp ini berguna sebagai web server, atau bisa juga menggunakan web server yang lainnya. 

Selanjutnya buat sebuah database menggunakan phpmyadmin, seperti contoh di bawah ini :


Nama database yang saya buat yaitu tif18, dan nama tabel nya pengguna. Isi tabel nya ada Id, Email, Sandi, dan Nama. Pada gambar di atas sudah saya isi email dan sandi nya untuk kita uji pada form login kita nanti.

Langkah selanjut nya aktifkan Library database dan Library session :


Apa fungsi di aktifkan nya library database dan session ? fungsinya yaitu untuk library database kita akan menggunakan fungsi-fungsi database yang sudah di sediakan oleh codeigniter. Sedangkan fungsi Library session adalah memberikan session saat login.

Dan jangan lupa aktifkan juga base url nya yang ada pada folder conpig.php seperti di bawah ini:


Pada gambar tersebut nama folder web saya adalah chandra. Teman-teman bisa mengganti nama folder sesuai kenginan sendiri.

Menghubungkan Codeigniter dengan Database (MySql)

Untuk menghubungkan codeigniter dengan database yang sudah di buat sebelumnya bisa kita atur pada folder config-database.php, seperti di bawah ini : 


nah pada gambar di atas, username database saya yaitu manusia, password nya nol, dan nama database nya tif18. Ini bisa di ganti sesuai keinginan sendiri pada hak akses database yang sudah kita buat di awal.

Membuat Form Login Dengan Menggunakan Codeigniter  

Langkah selanjutnya buat 2 buah controler baru yaitu chandra.php dan chandra1.php. Ingat nama ini bisa kalian ganti sesuai keinginan sendiri. Nah pada chandra.php ini akan di tugaskan untuk menampilkan form login dan meverifikasi email dan sandi yang di masukkan. seperti di bawah ini : 


sedangkan chandra1.php merupakan merupakan controler tambahan yang fungsi nya menampung hasil redirect dari controler chandra.php 


nah pada function index di atas, kita men-load 2 buah view yaitu chandra.php dan utama.php. Nah pada chandra.php ini lah kita buat form loginnya. Ingat chandra.php disini ada di folder view beda dengan chandra.php yang ada di controller. contoh program nya ada di bawah ini :


nah buat teman yang males mendesign form login nya seperti apa temen-temen tinggal download aja template nya. Kalau saya mengambil template form login nya dari https://adminlte.io/ hasil nya ada di bawah ini : 


utntuk folder utama.php itu merupakan tempat tampilan menu jika login kita berhasil. Dengan kata lain utama.php merupakan redirect dari chandra.php yang ada pada folder controler. Tampilan dari utama.php ini juga saya ambil dari https://adminlte.io/ hasilnya di bawah ini : 


Kita bisa mengecek ketersedian email dan sandi yang sudah di kirim pada controler chandra.php dalam bentuk aray di folder model, jadi kita membuat model baru yaitu M_chandra.php seperti di bawah ini :  


dan ini bentuk array pada controler chandra.php 

$email=$this->input->post('email');
$sandi=$this->input->post('sandi');
ini bisa teman-teman lihat pada gambar controler chandra.php di atas.

Program Untuk Cek Login

selanjutnya pada controler chandra.php terdapat ceklogin yang logika nya seperti ini. Jika email dan sandi yang kita masukkan benar atau sama dengan yang sudah kita inputkan pada database maka akan masuk ke utama.php yang ada di folder view. dan jika email dan sandi salah atau tidak sama dengan yang sudah di inputkan pada database maka akan di redirect lagi ke form login. seperti di bawah ini : 


Jika sandi dan email yang di masukkan benar maka akan masuk ke utama.php


dan akan di redirect ke utama.php


Jika sandi dan email salah maka akan kembali lagi form login awal 


dan kembali lagi ke form login awal 



Nah sekian dulu tutorial nya guys. semoga bermanfaat ya. Jangan lupa di share juga infonya biar kita semua bisa belajar membuat form login dengan codeidgniter ini. Thanks..

No comments:

Post a Comment