Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Saturday, July 6, 2019

Penjealasan Apa itu IMEI Dan Apa Fungsinya Bagi Ponsel Serta Cara Melihatnya

Whatsap mank, iyak pada postingan kali ini kita akan membahas tentang apa fungsi IMEI dan bagaimana cara melihatnya pad ponsel kita sendiri.


IMEI merupakan singkatan dari Internasional Mobile Equipment Identity. Setiap HP yang mamank punya pasti akan memiliki IMEI nya sendiri, IMEI pada setiap HP tidak akan pernah sama karna IMEI merupakan identitas tersendiri dari HP tersebut.

Nomor IMEI ini terdiri dari 14-16 digit angka, tujuan IMEI ini dibuat agar HP mudak teridentifikasi dan untuk memblock HP agar tidak bisa terhubung ke jaringan seluler.
Dengan melakukan pemblokiran, pencuri handphone tidak bisa menggunakan handphone kamu. Polisi juga memanfaatkan nomor IMEI untuk melakukan identifikasi terhadap kasus pencurian handphone.

Nomor IMEI memiliki format tertentu, seperti BB-AAAAAA-DDDDDD. Kode A dan B berfungsi sebagai Type Allocation Code (TAC) yang dapat menunjukkan pembuat dan model dari handphone tersebut. Untuk format D berfungsi sebagai nomor seri yang diberikan oleh perusahaan pembuat handphone. Untuk digit yang terakhir merupakan sebuah checksum yang digunakan untuk memverifikasi IMEI. Contohnya, iPhone 5 yang dikeluarkan oleh Apple akan memiliki TAC 01-332700 sedangkan Samsung Galaxy S2 memiliki kode TAC 35-853704.

Dan cara melihat IMEI pada HP adalah dengan menekan *#06#, cara ini bisa digunakan pada semua HP baik itu HP jadul maupun HP paling baru. Namun ada juga sih HP yang memiliki perbedan untuk melihat IMEI nya, seperti di bawah ini :

  • iOS (iPhone, LTE/3G iPad). Cara mengecek IMEI dari handphone ini yaitu dengan masuk ke menu Setting, lalu pilih General dan pilih About.
  • Android, untuk beberapa jenis Android kamu bisa mengeceknya dengan masuk ke menu Settings lalu pilih About Phone.
  • BlackBerry atau Sony Ericsson versi baru, kamu bisa mengeceknya dengan masuk ke menu Options dan pilih menu Status.
Jika ingin info yang lebih mendalam tentang IMEI mamank bisa langsung cek IMEI.info.

Nah itu gan info nya semoga bisa bermanfaat, dan jangan lupa di share juga ya...

No comments:

Post a Comment