Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Tuesday, July 9, 2019

Perlu Tau! 3 Langkah Mudah Mengembalikan File Yang Sudah Terhapus Dari Laptop

Whatsap mank, iyak pada postingan kali ini kita akan membahas bagai mana cara mengembalikan file yang sudah terhapus secara permanen pada laptop maupun komputer. Skuyy

 sumber : Google
Kalian pasti pernah secara sengaja maupun tidak di sengaja menghapus file penting yang ada di Laptop maupun PC kalian. Tentunya ini sangat tidak menyenangkan apalagi file tersebut sedang di butuhkan.

Tapi kalian tidak perlu khawatir, karna file yang telah terhapus secara permanen, bukan berarti file tersebut hilang dari laptop. File yang hilang tersebut kini ditandai sebagai ruang yang tersedia untuk sistem dan menunggu untuk di overwrite oleh data baru.

Artinya selama file tersebut belum ter overwrite, kalian masih bisa mengembalikan file tersebut. Berikut 3 langkah mudah mengembalikan file yang sudah terhapus di laptop kalian.

1. Metode Backup dan Restore

Metode ini bisa di gunakan tanpa menggunakan software dan bisa digunakan pada windowa 7,8 dan 10. Tapi ini berlaku jika kalian mempunyai data backup terbaru di windows backup.

Caranya tinggal klik menu start yang berlambang windows, kemudian pilih control panel. Setelah itu pilih opsi System dan Miantenance dan pilih Backup dan Restore.

Klik Restore my files dan pilih Browse for files atau Browse for folder untuk memilih backup yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian pilih lokasi tujuan untuk menyimpan file kalian.

2. Metode Restore Previous Versions

Cara mengembalikan file nya dimulai dengan mencari folder tempa file atau folder tempat file yang sudah terhapus tersebut. Klik kanan  pada folder tersebut  pilih Restore previous versions.

mamank  akan melihat daftar yang berisi berbagai versi file atau folder. Pilih versi yang terbaru dan klik Restore untuk mengembalikan file yang telah dihapus secara permanen.
Ingat pastikan Fitur File History mamank sudah aktif sebelumnya.

3.  Menggunakan Aplikasi

Langkah ini bisa mamank tempuh jika 2 langkah-langkah di atas tidak bisa di gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus. Mamank bisa menggunakan aplikasi untuk mengembalikan data seperti EaseUS Data Recovery Wizard. 

Caranya unduh atau dowload aplikasi di atas terlebih dahulu, kemudian jalankan aplikasi nya dan pilih lokasi tempat file yang terhapus tersebut. Kemudian klik lokasi tersebut pilih opsi scane. Nah aplikasi ini dengan otomatis akan memindai semua data di lokasi  yang sudah pilih dan hasil nya akan tampil di bagian Deleted files.

Setelah melewati langkah di atas pilih file yang ingin mamank kembalikan dan klik Recover untuk menyimpannya di lokasi atau sebuah perangkat baru. Setelah itu klik OK.

Nah gimana mank? mudahkan semoga bermanfaat yak. 

Sumber : detik.com


 

No comments:

Post a Comment