Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Thursday, July 11, 2019

Perlu Tau! Nasib HP Black Market (BM) Yang Sudah Di Beli Sebelum Tanggal 17 Agustus

Seperti apakah nasib HP BM yang kalian beli sebelum tanggal 17 agustus? langsung aja baca berita nya di bawah ini skuyy


sumber : Google

Berita mengenai pemblokiran HP ilegal atau BM ini sedang ramai di perbincangkan, karna banyak dari masyarakat indonesia membeli HP ilegal ini karena harga nya lebih murah di bandingkan hp yang resmi atau legal di indonesia. Tentunya dengan adanya perdagangan HP ilegal ini dapat merugikan negara hingga triliunan rupiah. 

Kementrian perindustrian bersama dua kementrian lainnya yaitu Kemkominfo dan kemendag akan melakukan pemblokiran terhadap hp ilegal yang ada di indonesia. Peraturan mengenai pembliokiran ini akan di sahkan pada 17 Agustus mendatang.

Pemblokiran nya berdasarkan nomor IMEI setiap HP, jika nomor IMEI hp itu tidak terdaftar pada server mesin identifikasi Kemenperin, maka hp tersebut di anggap ilegal dan akan di blokir oleh operator seluler.

Baca juga : Penjealasan Apa itu IMEI Dan Apa Fungsinya Bagi Ponsel Serta Cara Melihatnya

Nah bagai mana nasib HP yang sudah di beli sebelum 17 agustus? menurut Kemenperin atau kementrian perindustrian HP yang sudah di beli sebelum 17 agustus tidak akan di blokir secara langsung. Akan ada "pemutihan" dalam jangka waktu tertentu. Maksud Pemutihan adalah waktu dimana pengguna HP ilegal atau HP Black market dapat meregistrasi nomor IMEI mereka ke server kemenperin. 

Saat ini kemenperin sedang menyiapkan halaman untuk mengecek IMEI. Jadi masyarakat tidak perlu teburu-buru untuk ngecek nya, karna kemenperin masih mengumpulkan data IMEI yand di samakan dengan operator untuk aplikasi cek IMEI.

Baca juga : Cara Mencek IMEI HP Yang Sudah Terdaftar Pada Server Kementrian Perindustrian

Gimana gan ? semoga bermanfaat bagi mamank yak. di share juga ya 

Sumber berita : tekno.kompas.com

No comments:

Post a Comment