Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Monday, February 17, 2020

Mengenal Operator Pembanding Kata Kunci Pada MySQL

Oke pada postingan kali ini kita akan membahas tentang operator pembanding kata kunci yang ada di MySQL.



OPERATOR PEMBANDING KATA KUNCI 

Operator pembanding kata kunci ini merupakan salah satu bagian dari operator logika yang ada di dalam MySQL. Sebelum masuk ke contoh operator yang satu ini temen-temen terlebih dahulu harus membuat sebuah database dan juga sebuah tabel yang sudah terisi datanya dengan lengkap.


Operator pembanding kata kunci ini terdiri dari LIKE , IN, BETWEEN...AND, Is NULL. Ini berfungsi untuk menampilkan data dari tabel berdasarkan kata kunci yang di berikan oleh soal. Nah disini saya akan membuat sebuah tabel baru yang nama tabelnya Tabel_penjualan, sebelumnya saya sudah menginputkan data-data yang di perlukan pada tabel tersebut. 

Baca juga : Cara Mengisi Data Tabel Dan Menampilkan Data Dari Sebuah Tabel Pada MySQL 

Ini Merupakan Data-data dari Tabel_penjualan : 



a. Operator LIKE 
syntax : select*from isi nama tabel WHERE nama field/kolom 'data yang akan di cari';
contoh:  select*from Tabel_penjualan WHERE kd_jual LIKE'_2%'; ---> berarti kita akan menampilkan data kd_jual yang angka keduanya 2 dari tabel penjualan. Berarti untuk mencari huruf pertama temen-temen tinggal hilangkan _ (under score) nya.
Hasilnya sebagai berikut :  



b. Operator IN
syntax  : SELECT*FROM nama tabel WHERE nama kolom IN ('data yang ingin di cari');
contoh :  select*from Tabel_penjualan WHERE Tgl_jual IN('23 maret');----> berarti kita ingin menampilkan data tanggal penjualan pada 23 maret berdasarkan tabel_penjualan.
Hasilnya sebagai berikut : 



c. Operator BETWEEN...AND
syntax : SELECT*FROM nama tabel WHERE nama kolom BETWEEN data kolom 1 AND data kolom 2;---> Maksud data kolom adalah data yang ingin dicari pada tabel.
contoh :  select*from Tabel_penjualan WHERE kd_jual BETWEEN 01 AND 06;--->berarti data yang akan tampil adalah data yang berada diantara 01 dan 06 dari kolom Kd_jual berdasarkan tabel_penjualan.
Hasilnya sebagai berikut : 



d. Operator Is NULL
syntax : SELECT*FROM nama tabel WHERE nama kolom IS NULL;
contoh : select*from Tabel_penjualan WHERE Tgl_jual IS NULL;---> perintahnya seperti ini, kita ingin menampilkan data penjualan yang tidak memiliki tanggal. 
Hasilnya sebagai berikut :



Karena semua data penjualan berdasarkan tabel sudah ada tanggalnya maka perintah tidak bisa di tampilkan atau datanya kosong.

Untuk tutorial tentang Operator Logika lainnya linknya ada di bawah ini 

Baca juga : Mengenal Operator Pembanding Dan Fungsinya Dalam Sebuah Tabel Pada MySQL

Sekian dulu guys postingan kali ini semoga bisa bermanfaat bagi temen-temen semua ya. Jangan lupa di share juga yaa. Thks




No comments:

Post a Comment