Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Thursday, December 6, 2018

CARA MEMBUAT PROGRAM SEGITIGA SAMA SISI MENGGUNAKAN BAHASA C


Whutsapp mamank , iyak pada artikel kali ini saya akan membagi informasi bagai mana cara membuat kodingan atau program membuat gambar seigtiga  menggunakan bahasa c. dibawah ini saya akan memberikan kodingan nya yang sudah saya uji . menggunakan notepad++ dan compilernya menggunakan MinGW.



Setelah kodingan itu selesai dibuat simpan file nya dengan ekstensi “.c” setelah itu compile.
1. Dalam program diataas saya menggunakan file header  <stdio.h> agar bisa menggunakan printf untuk menampilkan kelayar, dan scanf untuk inputan sebagai standar input/output. Kita juga perlu menambahkan #include<conio.h> dan getch(); pada akhir agar program tidak keluar sendiri saat di execute. 
2. Jangan lupa buat fungsi main nya karna ini merupakan sesuatu yang wajib ada pada bahasa C. Di dalam program di atas ada variabel jumlah,i,j,dan k.
3. Kemudian tulis fungsi scanf untuk membaca masukan dari user dengan syntax scanf("%d,jumlah");%d fungsinya untuk membaca bilangan bertipe integer.
4. Selanjutnya masukkan fungsi pengulangan for. for(i=0;i<=jumlah;i++){ artinya kita memberi nilai awal i dengan jumlah 1.ungkpan selanjutnya adalah kondisi atau syarat yang kita berikan. dan ungkapan selanjutnya adalah aksi nya. Jika nilai i kurang dari atau sama dengan jumlah maka i+1. Setelah itu ingat menulis kurung kerawal yang menandakan ada block selanjutnya. for yang kedua yaitu: for(j=1;j<=i;j++){ jangan lupa beri kurung kerawal lagi dan tulis printf(" ") beri spasi agar pada output nanti berbentuk segitiga sama sisi.
5. Sekarang kita masuk ke for yang ke tiga. Pada for ini kita akan menampilkan bentujk segitiga nya. tulis for(k=j;k<jumlah;k++){ setelahnya beri kurung kerawal dan tulis printf("* ") tanda ini akan menjadi isi segitiganya. dan beri spasi juga agar berbentuk segitiga.
6. Nah selanjutnya kita tinggal menambahkan printf("\n") untuk mencetak enter agar nantik hasilnya tidak horizontal.
7. Selanjutnya kita tinggal mengcompile dan run program yang kita buaat.

Nah ini hasilnya mentemen semua setelah di compile. semoga bermanfaat ya guys byee

No comments:

Post a Comment