Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Monday, March 25, 2019

Konsep-Konsep Pemograman Yang Harus Kamu Ketahui

Whauutsuup  mamank, iyak pada postingan kali ini kita akan membahas tentang konsep konsep pemograman yang harus kita ketahui.




Apa itu PEMOGRAMAN?

Dalam istilah sederhana, pemrograman adalah cara menulis serangkaian petunjuk untuk memberitahu komputer untuk melakukan tugas tertentu. Urutan petunjuk untuk komputer dikenal sebagai program. Satu set didefinisikan dengan baik notasi yang digunakan untuk menulis sebuah program. Serangkaian notasi yang digunakan untuk menulis sebuah program yang disebut bahasa pemrograman. Orang yang menulis sebuah program yang disebut seorang programmer. Programmer menggunakan bahasa pemrograman untuk menulis sebuah program.

Komponen dari sebuah bahasa pemrograman  adalah sistem notasi yang digunakan untuk menulis petunjuk untuk komputer. Ini dapat dijelaskan menggunakan tiga komponen: 
 • Syntax
 • semantic
 • pragmatis

Konsep Dasar Pemrograman

  1. Class = Sebuah konsep OOP yang digunakan untuk mengkapsulasi atau membungkus data dan abstraksi prosedural yang diperlukan dalam Gambaran isi dan tingkah laku sebagai entitas. 
  2. Object = Membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program. Merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah OOP.
  3. Abstraksi = Proses representasi data dan program dalam bentuk sama dengan pengertiannya (semantik) dengan menyembunyikan rincian atau detail implementasi.
  4. Encapsulation = Merupakan pembungkus, artinya membungkus class dan menjaga apa saja yang ada didalam class tersebut. Baik method ataupun atribut. Agar tidak bisa diakses oleh class lainnya.
  5. Polimorfisme = Merupakan suatu kejadian ketika object dapat mengungkapkan banyak hal melalui suatu cara yang sama, 
  6. Inheritance = Pewarisan. artinya sebuah class dapat menurunkan property dan method yang dimilikinya kepada class lain.
di bawah ini contohnya :

class Motor{
private String nama;
private String jenis; private String warna;
private String merk; public Motor(String nama, String merk, String jenis, String warna){
  this.nama = nama;
  this.merk = merk
  this.jenis = jenis;
  this.warna = warna;

}

public void print_motor(){
  System.out.prinln(
"Nama Motor : " + nama);
  System.out.prinln(
"Merk Motor : " + merk);
  System.out.prinln(
"Jenis Motor : " + jenis);
  System.out.prinln(
"WarnaMotor : " + warna);
} }
Paradigma pemrograman 

Merriam-Webster's dictionary mendefinisikan kata "paradigma" sebagai berikut:
"Paradigma adalah sebuah teori atau sekelompok ide-ide tentang bagaimana sesuatu harus dilakukan, membuat, atau berpikir."
Berikut ini adalah beberapa paradigma pemrograman yang umum digunakan: 

• Imperative paradigm

Paradigma ini juga dikenal sebagai paradigma algoritma. Dalam paradigma ini, sebuah program terdiri dari data dan algoritma (urutan perintah) yang memanipulasi data. Data pada titik tertentu dalam waktu mendefinisikan sebuah program.

• Procedural paradigm

Paradigma prosedur ini mirip dengan paradigma penting dengan satu perbedaan: menggabungkan beberapa perintah dalam sebuah unit yang disebut prosedur. Prosedur yang dijalankan sebagai unit. Mengeksekusi perintah-perintah yang terkandung dalam prosedur yang dikenal sebagai panggilan atau menerapkan prosedur. Program dalam bahasa prosedural terdiri dari data dan urutan panggilan prosedur yang memanipulasi data.
• Declarative paradigm

Dalam paradigma deklaratif, program ini terdiri dari deskripsi masalah dan komputer menemukan solusi. Program tidak menentukan cara untuk sampai pada solusi untuk masalah. Itu adalah pekerjaan komputer untuk mencapai solusi ketika masalah dijelaskan untuk itu.

• Functional paradigm

Paradigma fungsional didasarkan pada konsep fungsi matematika. Anda dapat berpikir fungsi sebagai suatu algoritma yang menghitung nilai dari beberapa masukan yang diberikan. Tidak seperti prosedur dalam pemrograman prosedural, fungsi tidak memiliki efek samping. Dalam pemrograman fungsional, nilai-nilai abadi. Nilai baru berasal dengan menerapkan fungsi nilai input. Nilai input tidak berubah. Bahasa pemrograman fungsional tidak menggunakan variabel dan tugas-tugas, yang digunakan untuk memodifikasi data

• Logic paradigm

Tidak seperti paradigma penting, paradigma logika berfokus pada "apa" bagian dari masalah daripada cara memecahkannya.

• Object-oriented paradigm

Dalam paradigma (OO) berorientasi objek, program yang terdiri dari benda-benda berinteraksi. Objek merangkum data dan algoritma. Data mendefinisikan keadaan objek. Algoritma menentukan perilaku objek. Objek berkomunikasi dengan benda-benda lain dengan mengirimkan pesan kepada mereka. Ketika sebuah objek menerima pesan, itu merespon dengan menjalankan salah satu algoritma yang dapat mengubah keadaan. 

Menulis program Java

 Menulis sebuah program Java melibatkan tiga langkah:
menulis code
• sumber yang menyusun code
• sumber yang menjalankan code

Sistem Persyaratan 

Anda harus memiliki perangkat lunak berikut yang diinstal pada komputer Anda:

Java Development Kit 8
• NetBeans IDE 7.4 
atau yang lebih baru

Tipe Data 

Apa yang dimaksud dengan tipe Data? Tipe data didefinisikan dalam tiga hal komponen: 
 • nilai-nilai (atau objek data)
 • mengatur operasi yang dapat diterapkan untuk semua nilai di set
 • data representasi, yang menentukan bagaimana nilai-nilai yang disimpan

Tipe Data Pada Bahasa Java

• Tipe data integer
• Tipe data Float
• Tipe data Boolean
• Tipe data Char
• Tipe data String

sekian guys untuk hari ini, jangan lupa di share juga yah. semoga bermanfaat bagi mamank di rumah.

No comments:

Post a Comment