Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Sunday, April 7, 2019

Pemrograman Java Menggunakan Netbeans Bagi Pemula

whuutsup mamank, iyak pada postingan kali ini kita akan membahas tentang
pemrograman java menggunakan netbeans.


Tentunya sebelum kita menggunakan netbeans kita terlebih dahulu sudah menginstal java dan aplkasi netbeans itu sendiri. menginstal java bisa mamank liat di postingan pertama blog ini sedangkan untuk meginstal netbeans caranya mudah yaitu seperti kita meginstal java tapi java memerlukan seeting pada path nya agar bisa di jalankan pada pc kita.



Ini merupakan tampilan pada Netbeans, klik tanda yang sudah dilingkar yaitu open project. untuk membuat sebuah project yang ingin kita buat.


Setelah itu pada categori nya pilih java dan klik next

 selanjutnya pada project name buat nama project yang anda ingin kan. ingat pada setiap nama project atau nama class harus menggunaka huruf capital pada huruf awal nya. Lalu klik finish.


 Langkah selanjutnya nih, klik kanan pada tugas.pkg pilih new dan pilih jframe form.


Setelah itu akan timbul seperti ini. Buat nama klas nya sesuai ke inginan, dan langsung klik Finish.


Nah akan timbul seperti ini .


 Selanjutnya kita tinggal memilih mau menggunakan swing seperti apa yang sudah tersedia, tentunya yang kita gunkan sesuai denga keperluan kita. yang saya buat ini menggunakan swing Button dan Menu bar atau Menu. Disini saya cuman bisa membagi ilmu design nya sedangkan untuk kodingan nya belum bisa saya share karna saya masih dalam proses pembelajaran.


Setelah itu kita tinggal menjalan kan nya dengan cara shift+f6 dengan kata lain kita me run kan program yang sudah kita buat.

Nah begitu aja info kali ini. Kalau ada yang salah salah mohon bantuannya karna saya masih dalam proses blajar. Tinggalkan  komen nya dibawah ya mank. thankyou.

No comments:

Post a Comment