Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Saturday, June 29, 2019

Cara Dan Program Membuat Form Login Dan Action Pada Button Serta Menampilkan Massage Box Pada Java Netbeans

Whatsap mamank. Padaa postingan kali ini kita akan membahas bagai mana cara membuat sebuah form login dan menjalankan action pada tombol button dan menampilkan message box. Langsung aja mank !


Seperti biasa telebih dahulu kita membuat sebuah project baru atau boleh juga project lama mank, bebas sesuai kebutuhan. 

Setelah itu klik kanan pada package yang kita buat pada project kita, lalu pilih new jframe form. di sini saya membuat nama package nya aplikasi.baru. Buat dua buah jframe yang pertama nama nya Login dan yang kedua Menuutama.


Setelah itu silahkan Design frame Login sesuka hati mamank 

nah kira-kira design nya seperti itu gan.
Jlabel1 merupakan text yang berisi form login mahasiswa
Jlabel2 merupakan text yang berisi nama
Jlabel3 merupakan text yang berisi sandi
Jtext field1 nama variabel nya txtnama text nya kosong.
Jtextfield 2 nama variabel nya txtsandi text nya kosong.

Design juga form Menuutama nya gan


Kira-kira seperti itu gan desaign nya. fungsi frame ini untuk menampilkan hasil kodingan jika sandi dan nama yang kita masukkan ke dalam form loginn dengan program sama. penjelasan nya dibawah gan....


Setelah mamank buat design nya sekarang masuk ke Source nya atau kodingan nya,,, FRAM LOGIN YAAA.. sebelum itu klik kanan pada button Login lalu pilih even-action-actionperformed. seperti dibawah ini....

Setelah mamank klik action performed mamank akan langsung masuk kekodingan nya, kodingannya di bawah ini,,,,

Itu mank kodingan nya. Nah Logika program ini adalah jika nama dan sandi yang kita masukkan pada program sama dengan yang kita masukkan nanti di form login maka yang akan timbul di layar adalah FRAME Menuutama. dan jika sandi dan nama yang kita masukkan berbeda dengan yang kita input di program maka yang akan keluar message bos berisi "maaf sandi yang anda masukkan salah".

Langkah terakhir mank tinggal menginputkan new Login().setVisible(true); pad main class yang sudah kita buat tadi. Main class saya adalah AplikasiBaru.java.


 
Silahkan mamank jalankan project nya . cara nya klik kanan pada frame Login.java lalu klik run file. 


 Ini hasil nya jika sandi dan naama yang kita masukkan pada form nya sama dengan yang kita input kan pada program atau kodingan nya.


dan ini merupakan hasil jika sandi dan nama yang kita masukkan ke form berbeda dengan sandi dan nama yang sudah kita inputkan pada kodingannya. 


Gimana mank mudahkan . Semoga dapat membantu mamank semua, jangan lupa di share juga ya. dan kalau kurang mengerti silahkan komentar di bawah yak...

 

No comments:

Post a Comment