Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Monday, June 24, 2019

Cara Membuat Program Percabangan Pada Java Netbeans dan Menggabungkan Beberapa String

Whutsup mamank. Pada postingan gw kali ini kita akan membahas tentang program percabangan pada netbeans dan juga menggabungan tipe data string pada java.
Percabangan pada java pada umumnya tidak jauh berbeda dengan bahasa C, java juga menggunakan IF dan ELSE. Langsung aje mank di bawah ini program nya : 



Keterangan : 
1. kita menggunakan 4 varialbel yang bertipe data string. Pasti kalian sudah tau yang mana variabel yang ber tipe string.
2. Static disitu fungsinya agar variabel variabel yang kita buat bisah kita panggil atau compile pada baris lain secara otomatis.
3. Fungsi scanner adalah untuk mencetak hasil dari data-data yang kita input
4. dan ada Public static void main yang merupakan class utama 
5. Dan hasil yang akan kita tampilkan adalah Masukkan nama pengguna. pada baris 21.
6. Dan juga akan menampilkan Masukkan sandi pada baris 23.
7. Sedangkan maksud dari masukan 1/2=masukan. nextLine() adalah input yang kita masukkan pada pariabel masukan akan di scanner atau di cetak dan akan di simpan pada masukan 1/2 yang merupakan string.
8. Pada baris 25 dan 27 merupakan program percabangan IF dan ELSE. equals disitu maksudnya untuk membandingkan antara beberapa variabel bertipe string dan menghasilkan tipe boolean. Boolean merupakan tipe data logika yang berupa TRUE dan FALSE.
9. Setelah string-string nya kita gabungkan tinggal kita perintahkan komputer untuk mengeluarkan hasil jika kedua data yang kita masukkan sama maka nilai nya benar dan jika kita masukkan nilai yang berbeda maka nilai nya salah. di bawah ini contoh nya :


Keterangan : ini merupakan output nya jika nilai masukan nama pengguna dan masukkan sandi sama dengan variabel yang kita buat di atas.


Keterangan : ini merupakan output nya jika nilai masukan nya berbeda dengan yang sudaah kita masukkan pada program di atas. Pasti bro bro bertanya kenpa bisa begitu? 
Karna pada baris ke 25 pada perbandingan antara 2 string yaitu string masukan 1dan 2 kita bandingkan dengan && yang artinya DAN, yang mana pada gerbang logika dan apa bila kedua data bernilai sama positif maka hasilnya positif dan jika pada salah satu data bernilai negatif dan data yang satu nya lagi positif maka hasilnya negatif.

Nah itu aja dulu mank. SEMOGA BERMANFAAT MAMANK 





No comments:

Post a Comment