Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Monday, May 27, 2019

Merubah atau Mengkonversi String Ke Integer

MENGKONVERSI STRING KE INTEGER.

Fungsi mengkonversi string ke integer ini adalah, pada saat kita membuat sebuah kodingan yang melakukan atau melakukan perhitungan tentunya kita tidak bisa menggunakan tipe data string karna tipe data ini tidak mendukung untuk melakukan sebuah perhitungan, maka dari itu kita harus mengkonversi data tersebut ke tipe data angka atau tipe data integer. Dengan menggunakan metode pada class integer yaitu Integer.parseInt(n). cara nya ada di bawah ini mank.
keterangan : 

kita menggunakan variabel data untuk menyimpan data string. yang mana nilai nya berupa angka.

Selanjutnya menggunakan variabel a untuk menyimpan data integer nya. Dan di bawahnya kita menggunakan variabel angka untuk menyimpan hasil konversi dari data string ke integer.

Serta kita juga langsung mengolah nya dalam aritmatika, yaitu dengan menjumlahkan variabel angka dengan variabel a dan di disimpan di dalam variabel b. 

Lalu jalankan program nya, sehingga mendapatkan hasil seperi ini : 


seperti yang kita lihat data berubah dari string "1234" menjadi int 1239. Nilai 1239 ini dihasilkan dari 1234 yang merupakan nilai string tadi yang sudah di konversikan lalu di jumlahkan dengan variabel a yang bernilai 5 sehingga hasil nya seperti di atas. 

Trimakasih pada mamank mamank semuanya. jika ada salah salah dalam membuat program harap di maklumi karna si admin masih pemula dalam dunia koding. Jangan lupa di share dan coment yak mank. thanks.

No comments:

Post a Comment