Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Tuesday, July 16, 2019

Fitur Terbaru Dari Google Translate Image Sudah Mendukung Bahasa Jawa Dan Sunda

Whatsap mank , pada postingan kali ini kita akan mebahas fitur terbaru google translate yang sudah mendukung bahasa Jawa dan Sunda.

 sumber : Google
Siapa yang tidak tau Google saat ini, Google kembali memperbaharui fitur Google translate miliknya. Saat ini, pengguna google translate sudah bisa menerjemahkan bahasa Jawa dan Sunda secara instan cukup dengan mengarahkan kamera ke gambar yang berisi teks/tulisan.

Google juga merilis bahasa daerah di negara lainnya, bukan hanya bahasa Jawa dan Sunda saja. Fitur ini akan pada perangkat iOS dan Android.

Penggunaannya, pengguna cukup mengunduh apk Google translate di Appstore maupun Playstore. Bagi user yang sudah mengunduh apk nya tinggal melakukan pembaharuan.

"Anda dapat menggunakan kamera ponsel untuk menerjemahkan teks di sekitar Anda dengan aplikasi Translate. Misalnya, Anda dapat menerjemahkan sebuah tanda atau catatan dengan tulisan tangan," ungkap pihak Google melalui halaman resminya.


Setelah pengguna menginstall aplikasinya, pengguna tinggal menekan tombol "kamera" yang sudah tersedia di bawah kolom terjemahan.


Sebelumnya pilih terlebih dahulu bahasa apa yang akan di terjemahkan, pilihannya terdapat di "Detect Language" berguna mendeteksi bahasa secara otomatis maupun memilih sendiri bahasa yang akan di translate kan.

Nah sekarang pilihan bahasa Jawa maupun Sunda sudah ada di menu ini. 

Perlu di ingat oleh pengguna Google translate ini ada beberapa faktor yang dapat mengurangi keakuratan fitur ini, seperti kekurangan cahaya, teks nya terlalu kecil dan teks yang ditulis dengan gaya tertentu hal-hal seperti ini bisa mengurangi keakuratan Google Tralslate itu sendiri. 

Gimana mank? semoga bermanfaat ya.

Sumber berita : tekno.kompas.com
"Anda dapat menggunakan kamera ponsel untuk menerjemahkan teks di sekitar Anda dengan aplikasi Translate. Misalnya, Anda dapat menerjemahkan sebuah tanda atau catatan dengan tulisan tangan," ungkap pihak Google melalui halaman resminya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Google Translate Image Kini Dukung Bahasa Jawa dan Sunda", https://tekno.kompas.com/read/2019/07/16/11170077/google-translate-image-kini-dukung-bahasa-jawa-dan-sunda.
Penulis : Yudha Pratomo
Editor : Reska K. Nistanto

No comments:

Post a Comment