Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Monday, July 15, 2019

Penting ! Mengenal Malware FinSpy Yang Dapat Menyerang Ponsel Melalui WhatsApp Dan Facebook

Whatsap mank. pada postingan kali ini kita akan membahas tentang sebuah virus atau Malware bernama  FinSpy Yang Dapat Menyerang Ponsel Melalui WhatsApp Dan Facebook

sumber : Google

Apa itu Malware FinSpy? 

Ini merupakan Malware atau virus Versi terbaru yang dapat berfungsi pada perangkat iOS dan Android, serta memantau aktivitas di hampir seluruh layanan pesan populer. FinSpy memungkinkan penyerang untuk memata-matai semua aktivitas perangkat dan mengekstrak data sensitif seperti lokasi GPS, pesan, gambar, panggilan, dan lainnya.

Apa fungsinya ? 

Fungsi dasar malware ini mencakup pemantauan hampir tak terbatas dari aktivitas perangkat : seperti geolokasi, seluruh pesan masuk dan keluar, kontak, media yang tersimpan dalam perangkat, bahkan data dari layanan pesan populer seperti WhatsApp, Facebook messenger atau Viber. Seluruh data yang telah diekstrak ditransfer ke para penyerang melalui pesan SMS atau protokol HTTP.

Penyerang memerlukan akses fisik ke ponsel atau perangkat yang sudah di-jailbreak/di-root sebelumnya. Dengan adanya akses fisik malware ini bisa menginfeksi perangkat android maupun ios.

Bagi ponsel-ponsel yang pernah di root/jailbreak sebelumnya memiliki kemungkinan besar untuk terinfeksi virus ini, virus ini menginfeksi pada pesan yaitu SMS, email atau push notification.

Pengembang di belakang FinSpy terus memantau pembaruan keamanan pada platform seluler dan cenderung dengan cepat memperbarui program berbahayanya agar operasi mereka tidak diblokir oleh perbaikan.

Virus ini juga terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Ntah apa tujuan mereka untuk mengembangi virus ini yang jelas ini dapat merugikan pengguna yang terinpeksi virus ini. 

Gimana man? semoga bermanfaat yak 

Sumber : tekno.tempo.co

 

No comments:

Post a Comment