Berbagi Ilmu Teknologi Informasi dan Ilmu Umum

Sunday, July 21, 2019

Perlu Tau ! Ternyata Begini Skenario Hacker Membobol Foto Yang Dikirim Lewat WhtasApp

Whatsap mank, pada postingan kali ini kita akan mebahas tentang bagaimana cara Hacker membobol foto yang dikirim lewat whatsap.

sumber : Google
Whatsapp ataupun Telegram memang punya sistem enkripsi end-to-end yang membuat semua data terenkripsi ketika sedang dikirimkan. Namun bukan tidak mugnkin data itu tidak bisa di bobol.

Baca juga : Perlu Tau ! Gambar Atau Foto Yang Di Kirim Melalui WhatsApp Bisa Di Edit Hacker



Peneliti  Symantec baru-baru ini mengungkap cara hacker membobol aplikasi Whatsapp dan Telgram.

Di Android, foto dan audio yang dikirim lewat WhatsApp bisa disimpan di storage internal ataupun eksternal, namun secara default, WhatsApp akan menyimpan foto dan audio itu di storage eksternal. Begitu juga dengan Telegram, yang akan otomatis melakukan hal sama ketika opsi 'Save to Gallery' dinyalakan.

Saat foto disimpan di storage eksternal, data tersebut bisa diakses oleh malware yang dapat mengakses file media, bahkan sebelum pengguna melihat foto tersebut.

Begini caranya,  Hacker bisa memanipulasi semua data ataupun foto-foto yang di terima lewat Whatsapp melalui malware yang sudah menginfeksi ponsel korban. Dengan cara yang sama pula hacker juga bisa memanipulasi pesan berbentuk multimedia yaitu gambar dan audio yang hendak di kirim pengguna.

Baca juga : Penting ! Mengenal Malware FinSpy Yang Dapat Menyerang Ponsel Melalui WhatsApp Dan Facebook



Teknik ini disebut 'Media File Jacking', dan sebenarnya teknik ini sudah dikenal sebagai masalah yang lazim terjadi di Android, karena harus memilih antara privasi atau aksesibilitas aplikasi pengiriman pesan di platform tersebut.

Dengan adanya penyimpanan eksternal ini, pengguna bisa mengolah foto yang sudah di terima melalui whatsapp tersebut, baik dengan aplikasi pengolah foto yang lainnya.

Penyimpanan eksternal ini juga mempunyai sisi negatif nya, seperti teknik 'Media File Jacking'. 

Sumber berita : inet.detik.com

No comments:

Post a Comment